Kungfu Bajiquan

Snapshot - 2

Dalam sistem Pachi Chuan, sebenarnya tidak banyak jurus atau bentuk seperti sekarang dijumpai. Banyak praktisi Pachi Chuan awal, yang sebelumnya berlatih beladiri lainnya, membawa banyak Teknik-Teknik beladiri terdahulunya ke dalam Pachi Chuan yang ia pelajari. Teknik-Teknik umum biasanya (tidak termasuk Teknik menggunakan senjata):Chinkang Pashu (latihan delapan emas), Pachi Hsiao Chia (Pachi Chuan bentuk kecil), Pachi Chuan (Pachi Chuan bentuk besar), Pachi Tui Chia / Tuita(latihan berpasangan), dan Liu Ta Kai (enam pembukaan besar).

Tahap latihan sistem Pachi Chuan mencakup tiga tahap. Tahap pertama meliputi: Chang Chuang (menyangkut sikap dan posisi) atau Ti Ben pu, Chin Kang Pa Shu dan Pachi Hsiao Chia. Kuda-kuda membantu untuk memperkuat kaki, meningkatkan semangat dan pengendalian Chi. Kuda-kuda merupakan hal pertama dan merupakan latihan paling sulit bagi para praktisi Pachi Chuan. Chin Kang Pa Shu digunakan untuk pengembangan Teknik pengerahan tenaga utama dalam Pachi Chuan. Pachi Hsiao Chia adalah latihan pergerakan tubuh, teknik dasar dan pembentukan karakter beladiri. Tahap pertama biasanya memakan waktu satu sampai tiga tahun. Setelah menyelesaikan tahap yang pertama, dapat dikatakan bahwa praktisi Pachi Chuan memenuhi tahap siklus kecil dari sistem ini.

Tahap kedua meliputi: Pachi Chuan, Pachi Tui Chia / Tui Ta, dan Liu Ta Kai. Semua latihan tersebut untuk melatih gerakan tubuh secara internal, eksternal dan semua teknik-Teknik dalam sistem Pachi Chuan. Tahap ini memakan waktu tiga tahun. Setelah tahap ini, kekuatan eksternal seseorang, internal dan kekuatan Chi Kung seharusnya meningkat. Tahap terakhir adalah pelatihan internal. Hal ini termasuk: Hsu Hsi Kung (Chi Kung, Teknik untuk meningkatkan sistem internal), Nei Tong Kung (Chi Kung Teknik pergerakan sistem internal, untuk merasakan Chi dan meningkatkan kesehatan) dan Kou Kung Chi (Chi Kung Teknik menembuskan nafas dan sinkronisasi dengan tenaga). Teknik-tehni dipercaya berasal dari Teknik Chi Kung Kuil Shaolin. Sampai saat ini sulit ditemukan orang yang mengakui mencapai tingkat tertinggi. Tapi ada suatu pepatah umum: “Setelah sepuluh tahun latihan yang serius, orang bisa mengatakan menyelesaikan siklus sistem besar.”

Dalam beberapa dekade terakhir, kebanyakan pada masa pemerintahan Republik Rakyat Cina, banyak praktisi Pachi Chuan diangkat sebagai pengawal pejabat pemerintahan. Mungkin banyak yang bertanya apakah hal yang menjadikannya istimewa. Teknik Pachi Chuan sangat efektif dan karenanya Teknik-Teknik itu merupakan Teknik yang sangat utama dalam sistem ini. Semua Teknik Pachi Chuan sangat sederhana, lurus ke depan dan rapat. Pachi Chuan memiliki Teknik kuncian, seorang praktisi Pachi Chuan dalam sesaat dapat mematahkan lengan lawan dengan hanya menyentuh lengannya dan secara tiba-tiba mengejutkan seluruh tubuh lawannya.

Tujuan utama dari latihan Pachi Chuan adalah untuk mengembangkan daya hantam sesaat. Setelah menguasai Teknik ini, beberapa teknik yang sangat efisien dapat dilakukan atau diimplementasikan. Karenanya Teknik pengerahan tenaga ini merupakan hal paling mendasar dalam sistem Pachi Chuan. Tanpa kekuatan ini, teknik Pachi Chuan tidak berbeda (atau bahkan lebih buruk) dari beladiri lainnya. Kekuatan yang sangat keras dan tajam dilepaskan. Dikatakan seorang pendekar Pachi Chuan yang sangat ahli dapat menggeser peluru senapan dari jarak dekat secara (tingkat ini sangat tidak biasa, jadi jangan pernah melakukan hal ini). Seperti kebanyakan Kung Fu lain, Pachi Chuan adalah sebuah sistem yang kompleks. Berdasarkan Teknik intinya, banyak teknik dikembangkan seperti menusuk, bantingan, dan melempar.

 

Snapshot - 9

 

Bajiquan secara garis besar dibagi dengan tiga tahap latihan yaitu tahap awal, menengah, dan tahap lanjut.

  1. Tahap Awal
    Pada tahap ini mencakup latihan-latihan dasar untuk body conditioning dan teknik dasar. Body conditioning meliputi:

    • Sikap dasar: Ma bu (Huan Li), Kung bu, Jin Jing duli (Zhan zhuang)
    • Latihan perengangan: Kua Ma & Pikua
    • Latihan dasar drag-step
    • Latihan dasar side stretch punch dan side punch
    • Poke Paper & Chopping Leaves
    • Delapan Teknik Dasar (Jin Gang Bashi)
    • Pushing-hands (Baji Tuishou = Neiji gong)
  2. Tahap Menengah
    Diajarkan Xiao Baji beserta aplikasinya dan Liu da Kai. Kemudian aplikasinya dalam pertarungan. Di sini akan dilatih sparring secara terstruktur dan tidak akan menyakiti lawan.
    Karena akan diajarkan strategi bertarung dan aplikasi teknik dan jurus dalam hal ini bukan menang atau kalah. Kemudian di tahap ini akan lebih mendalami latihan pushing-hands.
  3. Tahap Lanjut
    Diajarkan Da Baji (Bentuk Besar) beserta aplikasinya dan Teknik Da Qiang (Tombak besar). Setelah belajar Tombak Besar akan diajarkan sparring menggunakan tombak secara terstruktur.

tuishou with bahana

Total masa latihan yang ditempuh siswa adalah sekitar 2,5 s/d 3 Tahun sampai tahap menengah, sampai selesai 5-6 tahun. Tergantung pencapaian dan penguasaan teknik sampai dinyatakan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

 

Snapshot - 11

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *